Sabtu, 17 September 2011

Kelemahan Pendekatan Inkuiri

Momi Sahroni (1986 : 54-55)  “ adapun kelemahan inkuiri yakni : (a) Kesulitan untuk mengerti tanpa suatu dasar pengetahuan factual, di mana pengetahuan itu secara efisien diperoleh dengan pengajaran deduktif,(b). Ada kemungkinan hanya siswa pandai yang terlibat secara aktif dalam pengembangan prinsip umum dan siswa yang pasif hanya diam menunggu adanya siswa yang mernyatakan prinsip umum , (c). Relatif memerlukan waktu yang banyak dan sering lebih dari satu pertemuan , (d). Tidak mungkin siswa diberi kesempatan sepenuhnya untuk membuktikan secara bebas semua  yang dipermasalahkan”.

      Dari uraian di atas dapat diperoleh gambaran bahwa inkuiri merupakan upaya untuk mengembangkan pemahaman konsep pengetahuan dan memupuk sikap ilmiah siswa. Kegiatan yang dilakukan dapat berupa membaca, diskusi di kelas,belajar diluar kelas atau dengan alam, demonstrasi atau eksperimen.  Sumber daya yang dapat dimanfaatkan adalah buku-buku, artikel-artikel, informasi internet, konferensi dan wawancara. Adapun guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswa dalam belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar