Minggu, 16 Oktober 2011

Metode Simulasi Komputer


Simulasi adalah suatu model yang menggambarkan atau mengungkapkan sistem fisik (nonmanusia) dan sosial (manusia) yang diabstraksikan dari kenyataan dan disederhanakan untuk proses belajar (Paul Suparno, 2006: 82). Unsur penting dalam simulasi adalah abstraksi dari kenyataan yang ada dan abstraksi itu diperankan.

               Metode pembelajaran modern yang sekarang banyak digunakan dalam pembelajaran adalah simulasi komputer. Secara sederhana, simulasi komputer adalah metode pembelajaran menggunakan program komputer untuk mensimulasikan beberapa materi atau pokok bahasan pada pelajaran tertentu dan siswa dapat mempelajarinya dari simulasi itu (Paul Suparno, 2006: 108). Dalam situasi itu, siswa dapat memanipulasi data, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil kesimpulan.
               Penggunaan simulasi komputer ini sangat menguntungkan karena siswa dapat melakukannya sendiri berkali-kali tanpa harus menunggui guru seperti pelajaran dalam kelas. Oleh karena siswa dapat mengulanginya sendiri di luar kelas, maka mereka akan lebih cepat belajar dan menguasai bahan. Dengan demikian, mereka lebih cepat untuk mengerti konsep yang sedang dipelajarinya secara tepat.
Beberapa keuntungan pembelajaran dengan simulasi komputer adalah :
1)      Dapat dilakukan oleh siswa kapan pun termasuk di rumah sehingga mereka dapat belajar lebih lama dan mengulangi bahan lebih lama tanpa terikat guru, jam, dan waktu.
2)      Reaksi dan kejadian mikro dapat disimulasikan dengan jelas dengan model sehingga siswa makin jelas menangkap konsepnya.
3)      Di internet banyak sekali percobaan dengan simulasi yang dapat dijadikan tugas siswa untuk mengamati dan mempelajarinya.
Para ahli miskonsepsi menemukan bahwa simulasi komputer dapat membantu menghilangkan miskonsepsi siswa karena siswa dapat membandingkan pemikirannya yang tidak benar dengan simulasi yang mereka lakukan dan lihat. (Paul Suparno, 2006: 110)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar