Sabtu, 17 September 2011

Fungsi Laboratorium

Dikemukakan Badan Standar Nasional Pendidikan “Laboratorium fisika berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktik yang memerlukan pembelajaran khusus yang tidak mudah dihadirkan di ruang kelas”.
Cakupan kerja laboratorium  segala aktivitas dengan menggunakan fasilitas laboratorium, seperti melatih ketrampilan menggunakan alat, melakukan eksperimen (percobaan), mendemonstrasikan percobaan, melakukan perngontrolan kualitas bahan baku, pengontrolan kualitas produk industri, ekshibisi (pameran) proses-proses fisika. Fungsi laboratorium yang telah dipaparkan di atas dapat juga dikategorikan kedalam tiga kelompok yaitu: 1) fungsi yang memberikan peningkatan pengetahuan, 2) fungsi yang memberikan peningkatan ketrampilan, dan 3) fungsi yang memberikan penumbuhan sikap.
        Fungsi laboratorium yang berkaitan dengan peningkatan pengetahuan antara lain : memecahkan masalah , mengemukakan hipotesis,menghubungkan berbagai factor atau fenomena , mengaplikasikan konsep,memahami prosedur eskperimen, memahami penggunaan alat , mengklarifikasi data , mengolah data. Fungsi laboratorium yang berkaitan dengan peningkatan ketrampilan fisik diantaranya melatih dan meningkatkan ketrampilan peserta didik dalam mengidentifikasi, mengenali carakerja,mengenali kapasitas, menyiapkan, mengkalibrasi alat, menggunakan,memperbaiki ,menyimpan dan membersihkan alat .Sedang fungsi yang memberikan penumbuhan sikap ilmiah diantaranya melatih diri bersikap jujur, sportif, tekun, ulet, konsisten,  obyektif, terbuka , kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
      Menurut BSNP praktikum diartikan sebagai salah satu metode pembelajaran sains khususnya fisika dengan fungsi memperjelas konsep melalui kontak dengan alat, bahan, atau peristiwa alam secara langsung; meningkatkan keterampilan intelektual peserta didik melalui observasi atau pencarian informasi secara lengkap dan selektif yang mendukung pemecahan problem praktikum; melatih dalam memecahkan masalah, menerapkan pengetahuan dan ketrampilan terhadap situasi yang dihadapi, melatih dalam merancang eksperimen, mengintepretasi data dan membina sikap ilmiah.Sedang Suparno (2007;77) metode eksperimen adalah metode mengajar yang mengajak siswa untuk melakukan percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang dibicarakan itu memang benar.Karena percobaan biasanya dilakukan di laboratorium.metode ini sering disebut sebagai metode laboratorium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar