Sabtu, 17 September 2011

Animasi Komputer

Perkembangan dunia pendidikan secara langsung maupun tidak langsung sangat dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Munculnya produk teknologi canggih yang dapat digunakan dalam bidang pendidikan memberikan peluang kepada para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan proses belajar mengajar.Tersedianya komputer di sekolah, sangat membantu pelaksanaan pendidikan yaitu dengan cara memanfaatkan berbagai fasilitas dan kemampuan yang dimiliki oleh komputer. Di dalam pengajaran, perangkat lunak komputer mikro telah banyak digunakan untuk memotivasi peserta didik dan memberikan penguatan dalam mempelajari konsep-konsep fisika.

        Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro-prosesor. Pada dasarnya teknologi berbasis komputer  menggunakan layar kaca untuk menyajikan informasi kepada siswa. Berbagai jenis aplikasi teknologi  berbasis komputer dalam pengajaran umumnya dikenal sebagai computer-assisted instruction – CAI (pengajaran dengan berbantuan komputer). Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajian dan tujuan yang ingin dicapai meliputi tutorial (penyajian materi secara bertahap), drills and practice (latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang baru dipelajari), dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa menambah informasi dan kebutuhan masing-masing).
        Keberhasilan penggunaan komputer dalam pengajaran tergantung berbagai faktor seperti kecerdasan. Oleh karena itu para ahli telah mencoba untuk mengajukan prinsip-prinsip perancangan CAI yang diharapkan dapat melahirkan program CAI yang efektif, yaitu: a. Belajar harus menyenangkan. Untuk membuat proses pembelajaran menyenangkan dengan menggunakan media komputer, ada tiga unsur yang perlu diperhatikan, yaitu menantang, fantasi dan ingin tahu. b.Interaktivitas, sebaiknya memperhatikan dukungan komputer yang dinamis, dukungan sosial yang dinamis, aktif dan interaktif.
      Guru hendaknya memupuk minat siswa terhadap alat pengajaran elektronik seperti komputer dan berusaha untuk mengenal dan memanfaatkannya dalam proses pembelajaran. Alat-alat ini dapat memberikan bantuan besar kepada guru maupun siswa. Animasi komputer dalam pembelajaran fisika adalah suatu program pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa dapat menguasai konsep fisika. Pembelajaran inquiri terbimbing menggunakan animasi komputer diharapkan siswa dapat membuat hipotesa, mengambil data hingga memperoleh kesimpulan dan akhirnya memperoleh konsep yang benar tentang fluida statis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar