Selasa, 13 September 2011

Media Animasi


Animasi merupakan media yang menyediakan proses interaktif dan memberikan umpan balik, serta memberikan kebebasan kepada pengguna dalam menentukan topik yang akan dipelajari. Kebebasan memilih topik merupakan karakteristik dari pembelajaran yang menggunakan komputer. Bahan- bahan pembelajarean dan data yang tersimpan dapat ditampilkan kembali secara cepat, tepat dan mudah. Animasi juga membantu guru terutama pada topik-topik tertentu yang sulit disampaikan secara tradisional atau membutuhkan akurasi tinggi. Kegunaan lain dari animasi adlah dapat menuntun bereksplorasi, menganalisis, mencoba dan menggali konsep dan prinsip yang termuat dalam materi ajar

Animasi merupakan media berbasis komputer yang menyajikan gerakan-gerakan objek dengan bantuan komputer. Dalam hal ini “komputer adalah mesin  yang dirancang khusus untuk memanipulasi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit” (Azhar Arsyad, 2007). Komputer memiliki kemampuan untuk menggabungkan dan mengendalikan berbagai peralatan elektronik lainnya seperti CD player, video tape, dan audio tape. Komputer juga dapat merekam, menganalisis, dan memberikanh reaksai kepada respons yang diinput oleh pemakai.
Dewasa ini komputer mempunyai fungsi yang berbeda-beda dalam bidang pendidikan dan pelatiahan. Komputer dapat berperan sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi meteri pelajaran, latihan atau keduanya. Komputer dapat menyajikan informasi dan tahapan pembelajaran lainnya. Beberapa keuntungan dari penggunaan komputer dalam pembelajaran antara lain sepereti uraian berikut ini. Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran karena komputer dapat memberikan iklim yang bersifatr afektif secara individual. Komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan belajar. Komputer dapat berinteraksi dengan siswa secara perorangan sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya.
Berdasarkan uraian – uraian diatas, banyak manfaat yang dapat diambil dari penggunaan komputer sebagai media pembelajaran. Untuk mempermudah komunikasi antara guru dan siswa serta untuk mengatasi kendla yang timbul akibat keterbatasan ruang dan waktu, maka penggunaan komputer dalam pembelajran perlu dikembangkan.
Dalam Macromedia Flash MX 2004 (Penerebit Andi&Wahana Komputer, 2004) dinyatakan bahwa, “animasi adalah sebuah gerakan obyek maupun teks yang diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan hidup”. Oleh karena itu media animasi komputer merupakan suatu media pembelajarana dengan menampilkan gambar atau obyek bergerak dengan memanfaatkan program dan peralatan komputer. Pada penelitian ini program yang digunkan adalah program aplikasi flash. Macromedia Flash MX mnengalami perkembangan hingga kini sudah sampai versi 9, namun animasi yang disusun ini menggunakan program Macromedia Flash  versi 8. Macromedia Flash merupakan aplikasi interaktif dengan berbagai kelebihan. Beberapa faktor yang mendukung keunggulan flash sebagai sebuah aplikasi untuk keperluan animasi adalah memiliki format gravis berbasis vektor, kapasitas file hasil yang kecil, dan memiliki kemampuan tinggi dalam mengatur interaktivitas program. Animasi yang telah tersusun kemudian dikemas dalam bentuk  CD yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi di kelas maupun di rumah.
Animasi pembelajaran biologi dapat dibuat dengan menggunakan program Macromedia Flash MX. Hal ini dilakukan karena ada beberapa kelebihan dalam penggunaan Macromedia Flash MX untuk pembuatan media pembelajaran. Membuat animasi di dalam Flash MX adalaha sangat mudah apabila sudah memahami konsep animasi di dalam Flash MX. Ini karena animasi di dalam Flash MX berbeda dengan animasi-animasi kartun yang dapat di layar televisi. Walaupun produk yang dikeluarkan boleh dikatakan sama, proases untuk mengeluarkannya yang berbeda. Pada Macromedia Flash MX yang perlukan adalah kreativitas user untuk memanipulasikan objek-objek yang dibuat. Menurut Didik Wijaya, dkk (2004: 1), “Macromedia Flash MX adalah software yang dipakai luas oleh para professional web atau animator karena kemampuannya yang mengagumkan dalam menampilkan multimedia, gabungan antara grafis, manimasi, serta interaktivitas bagi pengguna (user)”. ”Macromedia Flash MX merupakan sebuah program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi vector dan bitmap yang sangat menakjubkan” (Andreas Adi Suciadi, 2003: 1). Sofware ini memiliki tool-tool yang  menyediakan segala  macam keperluan untuk membuat animasi. Animasi yang dihasilkan dari program aplikasi ini dapat dijalankan di atas berbagai platform dan berbagai macam komputer.
Dalam Flash MX ada juga Flash Player. Fungsi dari Flash Player adalah digunakan sebagai alat untuk menampilkan movie yang dibuat dalam aplikasi Flash MX. Flash Player mempunyai kemampuan streaming animasi yang dapat menjalankan sebuah animasi tanpa harus menunggu sampai download file animasi, selain itu dapat juga menjalankan preloading image dan file suara ke dalam cache sebuah browser. Movie-movie Flash MX memiliki ukuran file yang kecil sehingga dapat di download secara cepat dan dapat ditampilkan dengan ukuran layar yang data disesuaikan dengan keinginan. Aplikasi Flash MX merupakan sebuah standar aplikasi industri perancangan animasi web yang tak tertandingi dengan peningkatan pengaturan dan perluasan kemampuan integrasi yang lebih tinggi. Pembelajaran bilogi yang disajikan dalam bentuk animasi dengan menggunakan macromedia flash mx, diharapkan menjadi lebih menarik, dan lebih interaktif. Dengan demikian pembelajarannya tidak membosankan dan menjadi lebih variatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar