Penilaian dalam pembelajaran Jigsaw secara umum ada 2 yaitu penilaian untuk masing-masing siswa dan penilaian untuk nilai kelompok. Nilai dari siswa untuk materi pertama/ nilai dasar selanjutnya dibandingkan dengan nilai untuk materi berikutnya sehingga nantinya akan didapatkan nilai atau skor perkembangan dari siswa tersebut.
Nilai perkembangan / kemajuan dapat dilihat dalam Arends (2003:333) pada tabel berikut ini.
Tabel 2. Nilai Perkembangan
Skor Kuis/ tes | Nilai Perkembangan |
1. Lebih dari 10 poin di bawah skor awal 2. 10 – 1 poin di bawah skor awal 3. Skor awal samapai 10 poin di atas skor awal 4. Lebih dari 10 poin di atas skor awal 5. Nilai sempurna (tidak perlu memperhatikan nilai awal ) | 5 poin 10 poin 20 poin 30 poin 30 poin |
Tujuan dari dibuatnya skor awal dan poin kemajuan adalah untuk memungkinkan semua siswa memberikan poin maksimal bagi kelompok mereka, berapa pun tingkat kinerja mereka sebelumnya. Para siswa akan memahami bahwa membandingkan tiap siswa dengan tingkat kenerja mereka sendiri sebelumnya karena semua siswa masuk ke dalam kelas dengan perbedaan tingkat kemampuan dan pengalaman.
Pada pembelajaran kooperatif Jigsaw selain nilai perkembangan untuk masing – masing siswa juga terdapat nilai perkembangan untuk kelompok. Kelompok yang mendapat nilai perkembangan tertinggi atau paling baik akan mendapatkan penghargaan kelompok. Penghargaan kelompok dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw secara umum ada 3 kriteria tingkatan penghargaan berdasarkan rata-rata skor tim sebagaimana dalam Slavin (2008 :160) sebagai berikut:
Tabel 3: Penghargaan Tim
Kriteria (rata-rata skor tim) | Penghargaan |
15 16 17 | TIM BAIK (good team) TIM SANGAT BAIK (great team) TIM SUPER (super tim) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar