Senin, 01 Agustus 2011

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar


Menurut Sutarno (1997: 2) tinggi rendahnya prestasi belajar mencerminkan efektif tidaknya pembelajaran yang diikuti oleh para siswa atau pebelajar. Dimyati dan Mudjiono (1999:238) menyatakan prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang dialami dan dihayati siswa yang berpengaruh terhadap proses belajar adalah : 1) sikap siswa terhadap belajar, 2) motivasi belajar, 3) konsentrasi belajar, 4) kemampuan mengolah bahan belajar, 5)kemampuan menyimpan perolehan hasil belajar, 6) kemampuan menggali hasil belajar yang telah tersimpan, 7) kemampuan berprestasi atau unjuk hasil belajar, 8) rasa percaya diri siswa, intelegensi dan keberhasilan belajar dan kebiasaan belajar. Faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain : 1) guru sebagai pembimbing belajar siswa, 2) sarana dan prasarana belajar, 3) kondisi pembelajaran, 4) kebijakan penilaian, 5) kurikulum yang diterapkan dan lingkungan sosial siswa.
            Pendapat lain seperti yang dikemukakan Tabrani Rusyan (1989:63) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar adalah :
a) Bahan atau hal yang harus dipelajari
      Faktor bahan ikut menentukan keberhasilan belajar siswa. Hal ini disebabkan bahan pelajaran merupakan masukan dalam proses belajar, adapun bahan yang dipelajari tersebut adalah materi pelajaran beserta segala aspeknya. Dalam kajian ini materinya adalah mata pelajaran IPA/sains Fisika, sehingga perlu disajikan sedemikian rupa sehingga siswa mudah menerimanya.
b) Faktor lingkungan
      Faktor lingkungan yang mempengaruhi antara lain lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Faktor fisik seperti rumah dan sekolah sedangkan lingkungan sosial seperti lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
c) Masukan instrumental
      Faktor instrumental yang merupakan masukan pada proses belajar bentuknya tergantung pada strategi belajar mengajar yang digunakan.
d) Faktor individual peserta didik
      Faktor individual dapat dibedakan menjadi faktor fisiologis dan faktor psikologis. Faktor fisiologis mencakup keadaan panca indera dan kesehatan badan pada umumnya. Faktor psikologis mencakup keadaan dan fungsi psikologis seperti perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, minat, ingatan, intelegensi, bakat, dan motif
                        Dari pengertian-pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama kurun waktu tertentu melalui kegiatan penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar