Senin, 01 Agustus 2011

Kekurangan Metode Konvensional


Menurut Mulyani Sumantri dan Johar Permana (2001:118-119) metode konvensional yang berupa ceramah memiliki beberapa kekurangan antara lain:
(1) Dapat menimbulkan kejenuhan pada peserta didik apalagi bila guru kurang bisa mengorganisasikannya; (2) Menimbulkan verbalisme pada peserta didik; (3) Materi ceramah terbatas pada apa yang diingat guru; (4) Merugikan peserta didik yang lemah dalam pendengaran; (5) Menjejali peserta didik dengan konsep yang belum tentu diingat terus; (6) Informasi yang disampaikan mudah usang dan ketinggalan jaman; (7) Tidak merangsang perkembangan kreativitas peserta didik; (8) Terjadi proses satu arah dari guru kepada peserta didik.

            Metode konvensional yang berupa ceramah bersifat teacher orieted tetapi juga memudahkan guru dalam mengkoordinasukan dan menguasai kelas. Penggunaan metode ini secara terus menerus tanpa variasi akan menimbulkan kebosanan pada siswa sehingga siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran.
            Jadi, metode konvensinal adalah suatu metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru dalam mengajar dan biasanya menggunakan metode ceramah. Kegiatan belajar mengajar lebih didominasi oleh guru sehingga menyebabkan siswa bersikap pasif dalam menerima apa yang diberikan oleh guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar