Senin, 01 Agustus 2011

Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif


Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif menurut Ibrahim (2000:10) dapat dilihat pada tabel 1 sebagai berikut:                                                  
Tabel 1. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif
Fase
Tingkah Laku Guru
Fase-1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

Fase-2
Menyajikan informasi

Fase-3
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
Fase-4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Fase-5
Evaluasi

Fase-6
Memberikan penghargaan


Guru menyampaikan tujuan belajar yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi/lewat bahan bacaan

Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka

Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari/masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok
Menurut Ibrahim dkk, pembelajaran kooperatif memiliki dampak positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa memiliki tanggung jawab dan terlibat secara aktif, 2) siswa dapat mengembangkan mengembangkan keterampilan berpikir tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran (nn.2008.ipotes.wordpress.com/Pembelajaran NHT, 5 Nov 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar