Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif menurut Ibrahim (2000:10) dapat dilihat pada tabel 1 sebagai berikut:
Tabel 1. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif
Fase | Tingkah Laku Guru |
Fase-1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Fase-2 Menyajikan informasi Fase-3 Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar Fase-4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar Fase-5 Evaluasi Fase-6 Memberikan penghargaan | Guru menyampaikan tujuan belajar yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi/lewat bahan bacaan Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari/masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok |
Menurut Ibrahim dkk, pembelajaran kooperatif memiliki dampak positif untuk siswa yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode pembelajaran kooperatif, antara lain: 1) siswa memiliki tanggung jawab dan terlibat secara aktif, 2) siswa dapat mengembangkan mengembangkan keterampilan berpikir tinggi, 3) meningkatkan ingatan siswa, dan 4) meningkatkan kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran (nn.2008.ipotes.wordpress.com/Pembelajaran NHT, 5 Nov 2008)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar