Senin, 01 Agustus 2011

Metode Pembelajaran


Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru dalam mengorganisasikan kelas pada umumnya atau dalam menyajikan bahan pelajaran pada khususnya (Syaiful Sagala, 2003:169). Lebih lanjut Syaiful Sagala (2003:169) menyebutkan unsur-unsur dalam metode pembelajaran sebagai berikut : 1) uraian tentang apa yang akan dipelajari, 2) diskusi dan pertukaran pikiran, 3) kegiatan-kegiatan yang menggunakan berbagai alat instruksional, laboratorium,dan lain-lain, 4) kegiatan-kegiatan dalam lingkungan sekitar sekolah seperti kunjungan, kerja lapangan, eksplorasi, dan penelitian, 5) kegiatan-kegiatan dengan menggunakan berbagai sumber belajar seperti buku perpustakaan, alat audio visual, dan lain-lain, 6) kegiatan kreatif seperti drama, seni rupa, musik, pekerjaan tangan dan sebagainya. Menurut Dick dan Carey (1990:1) metode pembelajaran adalah suatu pendekatan dalam mengelola secara sistematis kegiatan pembelajaran sehingga sasaran didik dapat mencapai isi pelajaran atau mencapai tujuan seperti yang diharapkan.
            Dengan demikian, metode pembelajaran pada dasarnya adalah tindakan nyata dari guru dalam melaksanakan pengajaran dengan cara tertentu, yang dinilai lebih efektif dan lebih efisien. Metode pembelajaran adalah taktik yang digunakan guru dalam pembelajaran di kelas. Metode tersebut hendaknya mencerminkan langkah yang sistemik dan sistematik. Sistemik mengandung pengertian bahwa setiap komponen pembelajaran saling berkaitan  satu sama lain sehingga terorganisasi secara terpadu dalam mencapai tujuan. Sistematik mengandung pengertian bahwa langkah-langkah yang dilakukan guru pada waktu kegiatan pembelajaran berurutan secara rapi dan logis sehingga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran..
            Dalam pemilihan metode yang digunakan perlu mempertimbangkan  efisiensi dan kefektifan. Suatu pengajaran yang baik adalah apabila didalam proses pengajaran tersebut menggunakan sumber-sumber yang terbatas namun dapat memperoleh hasil (pencapaian tujuan instruksional) secara lebih tepat, cermat, dan maksimal. Penerapan metode pembelajaran didasari kepada asumsi bahwa metode pembelajaran sebagai sarana pembimbing murid dalam mempelajari materi pelajaran agar lebih produktif. Agar siswa lebih produktif dalam belajar, guru hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan gayanya sendiri, dan penerapan metode mengajarpun harus mengikuti kebutuhan siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran ditunjuukan dengan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar