Senin, 01 Agustus 2011

Pembelajaran Konvensional


Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Balai Pustaka, 1999:523) menyatakan bahwa “Konvensional adalah tradisional”, sedangkan “tradisional sendiri diartikan sebagai sikap dan cara berfikir dan bertindak yang selalu berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun temurun”. Jadi dapat diartikan metode konvensional merupakan suatu pengajaran yang masih menggunakan sistem yang biasa dilakukan yaitu sistem ceramah.
Metode konvensional merupakan suatu metode pembelajaran yang umumnya banyak dilaksanakan di sekolah saat ini yang menggunakan urutan kegiatan pembelajaran uraian, contoh, dan latihan. Guru memberi tugas disertai langkah-langkah yang dilakukan. Siswa mendengarkan dan mencatat kemudian mengerjakan tugas-tugas.
Metode konvensional dalam pelaksanaanya guru masih mengandalkan ceramah dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode  ceramah bertujuan menyampaiakan bahan yang bersifat informasi. Dalam pembelajaran konvensional ini, guru cenderung mendominasi pembelajaran, sehingga pembelajarannya teacher center. Guru dalam metode ceramah ini banyak memberikan instruksi baik berupa instruksi materi-materi pelajaran maupun instruksi tugas pelajaran, sehingga guru bertindak sebagai instructur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar