Sabtu, 17 September 2011

Pengertian Belajar Konstruktivisme


Dalam pandangan teori belajar konstruktivisme, Piaget menyatakan bahwa: “belajar adalah proses perubahan konsep, dalam konsep tersebut, si pelajar setiap kali membangun konsep baru melalui asimilasi dan akomodasi skema mereka. Oleh karena itu, belajar merupakan proses yang terus-menerus, tidak berkesudahan” (Paul Suparno, 1997: 35).
Hal itu sesuai dengan  pernyataan kaum konstruktivisme bahwa: “belajar merupakan proses aktif pelajar mengkonstruksi  teks, dialog, pengalaman fisik dan lain-lain. Belajar juga merupakan proses mengasimilasikan dan menghubungkan pengalaman atau bahan yang dipelajari dengan pengertian yang sudah dipunyai seseorang sehingga pengertiannya dikembangkan”. (Paul Suparno, 1997: 61)
Dari pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa proses belajar dengan konstruktivisme pada penelitian ini adalah proses pembentukan konsep ilmu pengetahuan yang melibatkan keaktifan siswa dengan struktur kognitif tertentu yang telah terbentuk sebelumnya dengan membentuk dan mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dalam situasi dan pengalaman yang baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar