Rabu, 12 Oktober 2011

Pengertian Matematika


Matematika merupakan bahan kajian dan pelajaran tentang bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya sehingga dapat meningkatkan ketajaman penalaran siswa untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1999: 673), ”Matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam menyelesaikan masalah mengenai bilangan”.
Menurut James dan James dalam Roeseffendi (1992 : 27) matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, konsep-konsep yang saling berhubungan satu sama lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri. Sedangkan menurut Sutawijaya (dalam Nyimas Aisyah, dkk, 2007:1-1) matematika mengkaji benda abstrak (benda pikiran) yang disusun dalam suatu sistem aksiomatis dengan menggunakan simbol (lambang) dan penalaran deduktif.
            Dalam proses belajar matematika menurut Bruner dalam Gatot Muhsetyo (2007: 1.6) menyatakan pentingnya tekanan pada kemampuan peserta didik dalam berpikir intuitif dan analitik akan mencerdaskan peserta didik membuat prediksi dan terampil dalam menemukan pola (pattern) dan hubungan (relation).
            Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika, bentuk, susunan, besaran, konsep-konsep aljabar, geometri, hubungan-hubungan yang logis dengan menggunakan simbol dan penalaran deduktif yang dapat berguna untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar