Rabu, 12 Oktober 2011

Pengertian Model Pembelajaran


Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata “instruction”. Menurut Gagne, Briggs, dan Wager dalam Udin S. Winataputra (2007: 1.19), “Instruction is a set of events that affect learners in such a way that learning is facilitated” yang artinya pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
            Menurut Agus Suprijono (2010: 46) model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Menurut Arends dalam Agus Suprijono (2010: 46) model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajarn itu mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas.
            Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu cara atau prosedur yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar yang diharapkan.
            Macam model pembelajaran yaitu model pembelajaran langsung (direct instruction), model pembelajaran berbasis masalah (discovery learning), dan model pembelajaran kooperatif (cooperative learning)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar