Rabu, 19 Oktober 2011

Unsur-Unsur Pembelajaran Kooperatif


Menurut Ibrahim (2001: 6) menyatakan bahwa dalam pembelajaran kooperatif memiliki unsur-unsur dasar yaitu:
1) Siswa dalam kelompoknya haruslah beranggapan bahwa mereka ”sehidup sepenanggungan bersama”; 2) Siswa bertanggung jawab atas segala sesuatu di dalam kelompoknya, seperti milik mereka sendiri; 3) Siswa haruslah melihat bahwa semua anggota di dalam kelompoknya memiliki tujuan yang sama; 4) Siswa haruslah membagi tugas dan tanggungjawab yang sama di antara anggota kelompoknya; 5) Siswa akan dikenakn evaluasi atau diberikan hadiah/penghargaan yang juga akan dikenakan kepada semua anggota kelompok; 6) Siswa berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar; 7) Siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.

Menurut Thompson, pembelajaran kooperatif turut menambah unsur-unsur interaksi sosial padea pembelajaran sains. Di dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang saling membantu satu sama lain. Kelas disusun dalamkelompok yang terdiri dari 4 atau 6 orang siswa, dengan kemampuan yang heterogen.
Sedangkan Roger dan David Johnson mengatakan bahwa ”Tidak semua kerja kelompok dianggap cooperatif learning (Anita Lie. 2004: 31). Untuk mencapai hasil yang maksimal terdapat lima unsur model pembelajaran kooperatif yang harus diterapkan yaitu:
A. Saling Ketergantungan Positif
B. Tanggumg Jawab Perseorangan
C. Tatap Muka
D. Komunikasi Antaranggota
E. Evaluasi Proses Kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar