Minggu, 27 November 2011

Inkuiri Bebas

        Dalam pendekatan ini bimbingan yang diberikan guru sangat minim, atau bahkan tanpa bimbingan . Suparno (2007, 68) “dalam inkuiri terbuka siswa diberi kebebasan dan inisiatif untuk memikirkan bagaimana memecahkan persoalan yang dihadapi. Siswa berpikir sendiri menentukan hipotesis, peralatan yang akan digunakan,
merangakainya dan mengumpulkan data”. Metode ini umumnya sukar diterapkan untuk semua siswa.  Karenanya, hanya tepat bagi yang sudah berpengalaman dengan metode inkuiri. Guru sungguh hanya berfungsi sebagai fasilitator, membantu sejauh siswa membutuhkan.
3). Inkuiri bebas yang dimodifikasi.
        Inkuiri bebas yang dimodifikasi pada prinsipnya sama dengan metode inkuiri bebas. Hanya saja di sini, guru menyiapkan masalah. Selanjutnya siswa diundang untuk memecahkan masalah yang telah dilemparkan guru melalui pengamatan, eksplorasi atau melaui prosedur penelitian untuk mendapatkan jawaban. Siswa harus berinisiatif untuk memecahkan persoalan yang telah dilemparkan guru.. Guru bertindak sebagai nara sumber dengan tugas memberikan bantuan yang diperlukan untuk mengantisipasi agar siswa tidak putus asa atau gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar