Kamis, 26 Januari 2012

Hakekat Fisika


Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam. Sementara itu IPA merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis tentang gejala alam. Perkembangan IPA tidak hanya ditunjukkan oleh kumpulan fakta, tetapi juga oleh timbulnya metode alamiah dan sikap alamiah.
Pengertian IPA meliputi tiga hal yaitu produk, proses, dan sikap ilmiah yang ketiganya saling berhubungan.

1)      Produk IPA adalah semua pengetahuan tentang gejala alam yang telah dikumpulkan melalui obeservasi berupa fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori.
2)      Proses IPA atau metode ilmiah yaitu cara kerja yang dilakukan untuk memperoleh hasil-hasil IPA atau produk IPA. Untuk dapat memahami dan memiliki keterampilan dalam proses IPA, diperlukan pengalaman belajar dan berlatih melakukan observasi, berfikir logis dan kritis, melakukan eksperimen, berkomunikasi verbal ataupun nonverbal, dan memecahkan masalah.
3)      Nilai dan sikap ilmiah sangat diperlukan dalam belajar IPA, yaitu sikap-sikap seperti hasrat ingin tahu, jujur, tekun, teliti, objektif, keterbukaan, mawas diri, komunikatif, dan sebagainya agar dapat mencapai hasil IPA yang sebenarnya. (Margono, 1994 : 23-27)

Pengertian Fisika banyak ahli yang mendefinisikan seperti yang dikutip oleh Druxes Herbert (1986:3) antara lain:
1)      Menurut Brockhaus, Fisika adalah pelajaran tentang kejadian dalam alam, yang memungkinkan penelitian dalam percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian serta matematis dan berdasarkan pengetahuan umum.
2)      Menurut Gerthsen, Fisika adalah suatu teori yang menerangkan gejala-gejala alam yang sederhana dan berusaha menemukan hubungan antara pernyataan-pernyataan. Prasyarat dasar untuk memecahkan persoalan ialah mengamati gejala-gejala tersebut.

Dari beberapa pengertian Fisika tersebut dapat disimpulkan bahwa Fisika merupakan suatu ilmu pengetahuan yang menguraikan dan menganalisis peristiwa alam yang kemudian menjelaskan dengan cara sederhana mungkin sehingga menghasilkan aturan-aturan atau hukum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar