Senin, 01 Agustus 2011

1. Belajar

Dalam keseluruhan proses pendidikan sekolah, kegiatan belajar merupakan kegiatan kegiatan yang paling pokok. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik.
Ada beberapa pendapat mengenai definisi belajar. Belajar secara tradisional diartikan sebagai upaya menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan.( Mulyani S, 2001:13).
“Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman”( learning is defined as the modification or strengthening of behavior through experiencing)”.( Oemar Hamalik, 2003: 36)
“Belajar diartikan sebagai proses perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dan individu dengan lingkungannya”.( Moh. Uzer Usman, 2001: 5)
Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses usaha untuk memperoleh perubahan tingkah laku, baik berupa pengetahuan, kebiasaan ataupun sikap yang diperoleh dari hasil pengalaman. Seseorang dikatakan belajar apabila didalamnya terjadi perubahan tingkah laku dan perubahan tersebut sebagai akibat dari pengalaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar