Jumat, 07 Oktober 2011

Pengertian Belajar

Orang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk materi pelajaran. Dalam kenyataannya, banyak sekali kegiatan yang termasuk kegiatan belajar, sehingga muncul berbagai pendapat tentang belajar. Diantaranya yaitu :

Menurut Morgan yang dikutip oleh Ngalim Purwanto (1990: 84) bahwa :  “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif  menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai hasil dari latihan atau pengalaman”.
Slameto (1995: 2) menyatakan bahwa : “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkunganya”. Senada dengan Slameto, S. Nasution (2000: 34-35) menjelaskan bahwa : “Belajar adalah perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Belajar membawa sesuatu perubahan pada individu yang belajar. Perubahan itu mengenai jumlah pengetahuan, kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penghargaan, minat, dan penyesuaian diri”.
Dari beberapa pengertian belajar diatas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang relatif konstan dan bertahan lama sebagai hasil dari pengalaman, latihan, dan  interaksi dengan lingkungannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar