Jumat, 07 Oktober 2011

Ciri-ciri dan Prinsip-prinsip Belajar


Ciri-ciri kegiatan belajar ada 3 macam, yaitu:
1)  Aktivitas yang menghasilkan perubahan tingkah laku pada diri pelajar (individu yang belajar) (Behavioral Conges), baik aktual  maupun potensial.
2) Perubahan itu pada pokoknya didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama.
3)  Perubahan itu terjadi karena usaha. (Gino HJ, Suwarni, Suripto, Maryanto, Sutijan, 1999: 15)

Prinsip-prinsip belajar sebagai berikut:
1)   Hakikat belajar menyangkut potensi manusiawi dan kelakuannya.
2)  Belajar memerlukan proses dan tahapan serta kematangan diri dari siswa.
3)  Belajar akan lebih mantap dan efektif  bila didorong dengan motivasi, terutama dari dalam.
4)   Belajar merupakan proses percobaan dan conditioning/ pembiasaan.
5)   Kemampuan belajar seseorang harus diperhitungkan dalam rangka menentukan isi pelajaran
6)   Belajar dapat dilakukan dengan cara: (1) Diajari langsung, (2) kontak, penghayatan, pengalaman langsung, seperti: belajar bicara, sopan santun, dan lain-lain, (3) Pengenalan dan atau peniruan.
7)   Belajar melalui praktek/ pengalaman langsung akan lebih efektif.
8) Perkembangan pengalaman anak akan banyak mempengaruhi kemampuan belajar yang bersangkutan.
9)   Bahan pelajaran yang bermakna lebih mudah menarik untuk dipelajari.
10) Informasi tentang: kelakuan baik, pengetahuan, kesalahan akan banyak membantu kelancaran dan gairah belajar.
11) Belajar sedapat mungkin diubah ke dalam bentuk aneka ragam tugas,sehingga anak akan mengalaminya sendiri. (Sukirman, 1999: 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar