Rabu, 12 Oktober 2011

Pengertian Belajar


Belajar merupakan suatu perubahan dalam tingkah laku, di mana perubahan itu dapat mengarah pada tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah pada tingkah laku yang lebih buruk.
            Menurut Gagne dan Berliner dalam (Catharina Tri Anni, 2006: 2) menyatakan bahwa belajar merupakan proses dimana suatu organisme mengubah perilakunya karena hasil pengalaman.
7
 
            Menurut Bell-Gredler dalam  (Udin S. Winataputra, 2007: 1.5) belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skill, and attitudes.
            Menurut Nana Sudjana (2009: 28) belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan tersebut dapat ditunjukkan dalam  berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilan, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksi, daya penerimaannya yang ada pada individu.
Menurut Ngalim Purwanto (2004: 85) belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman. 
            Dari berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa belajar adalah usaha atau aktivitas seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku, kepandaian, ilmu pengetahuan, kecakapan, sikap yang menyangkut kognitif, afektif, psikomotor yang disebabkan oleh pengalaman yang diperoleh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar