Rabu, 12 Oktober 2011

Tinjauan Tentang Pembelajaran Konvensional


Pembelajaran yang baik, merupakan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar pada siswa. Pengalaman belajar (learning experience) yang diharapkan adalah terjadinya aktivitas yang tinggi dari siswa. Untuk membentuk pengalaman belajar siswa dapat digunakan pendekatan keterampilan proses. Keterampilan proses merupakan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada pengembangan kemampuan-kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi dalam diri siswa.
Namun, dalam kenyataanya masih banyak guru yang dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ceramah. Ceramah bertujuan menyampaikan bahan yang bersifat informasi. Dalam pembelajaran konvensional ini, guru cenderung mendominasi pembelajaran, sehingga pembelajarannya bersifat teaching center dan kurang memberi kesempatan pada siswa untuk aktif dalam pembelajaran sehingga pengalaman belajar siswa kurang optimal.
Menurut Winataputra dkk (2004: 4.18) model konvensional yang berupa ceramah memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan model ini antara lain:
a.    Ekonomis waktu dan biaya.
b.    Sasaran siswa relatif banyak.
c.    Bahan pelajaran sudah dipilih/ dipersiapkan.
d.   Guru dapat mengulangi secara mudah.
Sedangkan kelemahannya antara lain :
a.       Sulit untuk siswa yang tidak terbiasa mendengarkan dan mencatat.
b.      Kemungkinan menimbulkan verbalisme.
c.       Sangat kurang memberikan kesempatan pada siswa.
d.      Guru sebagai buku pelajaran.
e.       Cenderung belajar ingatan.
f.       Ada dalam otoritas guru.
Pada model konvensional guru beranggapan bahwa semua siswa mempunyai kemampuan awal, minat dan pengalaman yang sama, sehingga guru tidak memperhatikan perbedaan yang dimiliki oleh siswanya. Hal tersebut akan mengakibatkan siswa yang mempunyai kemampuan kurang dari teman lainnya akan lambat dalam menerima pembelajaran. Apabila keadaan tersebut tidak diperhatikan oleh guru, maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar