Senin, 01 Agustus 2011

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar

Belajar menghasilkan perubahan tingkah laku. Tingkah laku sebagai hasil dari proses belajar dipangaruhi oleh faktor yang terdapat dalam diri individu itu sendiri  dan faktor yang berasal dari luar individu (Sudjana, 1989 : 6).
Terdapat dua fator yang mempengaruhi belajar, yaitu :
1)      Faktor Intern
      Faktor intern meliputi faktor jasmaniah, faktor psikologis, dan faktor kelelahan. Faktor jasmaniah dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor kesehatan dan cacat tubuh sedangkan faktor psikologis meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, dan kelelahan. Adapun faktor kelelahan dapat terjadi pada jasmani maupun rokhani.
2)      Faktor Ekstern
      Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap belajar dapat dikelompokkan menjadi faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Pengaruh dari keluarga dapat berupa cara orang tua mendidik, relasi antar anggota keluarga, suasana dan keadaan ekonomi keluarga. Faktor sekolah yang mempengaruhi belajar mencakup metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, dan keadaan sekolah. Faktor masyarakat berkaitan dengan interaksi siswa dalam masyarakat (Slameto, 1995 : 54).

Dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, proses belajar dapat ditingkatkan untuk mencapai hasil yang optimal. Tentunya, hasil yang diharapkan sesuai dengan tujuan belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar